MENGAKTIFKAN SECURITY KEIMANAN

Pembaca yang dirahmati Allah SWT. Tulisan sederhana ini mengajak kepada kita untuk mengingat kembali rahmat dan kasih sayang Allah SWT. Alhamdulillah sampai saat ini kita semua masih diberikan kesehatan lahir bathin, jiwa dan raga disaat sebagian saudara kita yang lain terbaring sakit. Masih bisa mendengar, melihat, berjalan disaat sebagian saudara kita yang lain tidak bisa mendengar berbicara dan melangkah. Allah masih menjaga kita semua dari segala marabahaya dan musibah.

Dan, yang paling mahal tentunya nikmat iman. Agar lebih meresap, berikut infornasi harga keimanan yang Allah jelaskan di dalam Al Quran yaitu:

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَمَاتُوا وَهُمْ كُفَّارٌ فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْ أَحَدِهِمْ مِلْءُ الْأَرْضِ ذَهَبًا وَلَوِ افْتَدَىٰ بِهِ ۗ أُولَٰئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ وَمَا لَهُمْ مِنْ نَاصِرِينَ
Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati sedang mereka tetap dalam kekafirannya, maka tidaklah akan diterima dari seseorang diantara mereka emas sepenuh bumi, walaupun dia menebus diri dengan emas (yang sebanyak) itu. Bagi mereka itulah siksa yang pedih dan sekali-kali mereka tidak memperoleh penolong. (QS 3:91).

Betapa mahalnya harga keimanan. Oleh karenanya setiap kita harus memiliki dan mengaktifkan “security” keimanan.

Ingat, bahwa manusia punya musuh yaitu syetan. Allah menjelaskan dalam beberapa ayat Al Quran, diantaranya adalah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (QS 2:208).

Setiap saat ia menggoda, mengganggu dan hendak menipu orang beriman dengan berbagai cara dan tipu daya. Tidak sedikit yang terpapar dengan tipuan nikmatnya dunia, jabatan, harta dan yang sejenis.

Diantara sekian “security” tersebut adalah dzikir dan doa, termasuk membaca dan mengkaji Al Quran secara rutin dan terjadwal.

Kendaraan roda dua dan empat, emas serta barang mewah lainnya. Mulai dari harga belasan juta, puluhan, ratusan hingga ratusan juta rupiah, kita merawat dan menjaganya. Apalagi ini, jauh dari harga emas sepenuh bumi bahkan tidak ternilai harganya, itulah harga keimanan.

Bismillah, mari kita sama sama tingkatkan kegemaran untuk mendawamkan dzikir dan doa sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Baginda Rasulullah SAW.

Doa dan dzikir merupakan “security” keimanan terbaik. Aktifkan, aktifkan dengan cara berusaha menghapalkan, mendawamkan sekaligus meresapinya. Jika mampu, ajak dan belajarkan saudara sahabat, tetangga, teman kantor, mahasiswa serta orang orang terdekat.

Baginda nabi dan para sahabat telah memberikan teladan dan contoh dzikir – doa yang dapat didawamkan setiap waktu, terutama di waktu pagi dan petang.

Seperti motor mobil dan barang berharga lainnya, jika kurang dirawat, tidak dijaga dengan baik maka akan rusak bahkan bisa hilang, begitu juga dengan iman.

Berikut disajikan beberapa dzikir dan doa yang penting untuk kita dawamkan:

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah aibku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku.

Kemudian doa dan dzikir lainnya,
بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
“Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Kemudian, doa ketika masuk pasar yaitu sebagai berikut:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ.

Barang siapa yang membaca doa ini ketika hendak masuk pasar maka Allah akan menuliskan baginya satu juta kebaikan, menghapuskan darinya satu juta kesalahan, dan meninggikannya satu juta derajat. Dalam riwayat lain Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga.

Masih banyak dzikir dan doa-doa lainnya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan melimpahkan kasih sayangnya kepada kita semua, sehat lahir dan bathin.