Ahlan Wa Sahlan di Website Official Perguruan MD Fathahillah

Asyiknya Kemah Literasi

17 Sep

Asyiknya Kemah Literasi

Ahad, 15/09/2019
Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Ciamis menggelar kegiatan Kemah Literasi untuk kedua kalinya. Kegiatan berlangsung selama 2 hari bertempat di SMK Bumi Nurani Camp (BNC) Kecamatan Cijeungjing Ciamis.
Acara ini diikuti 70 peserta yang mewakili SMP dan SMA/SMK serta Taman Bacaan Masyarakat se Kabupaten Ciamis.
Siswi SMK MD Fathahillah (Silvi Indriyanti Kelas : XII Perbankan Syari’ah, Mega Putri Sundari Kelas : XII Perbankan Syari’ah, Rula Rihadatul Hidayat) adalah salah satu peserta dari kemah literasi yang sekaligus menjadi perwakilan peserta terbanyak tingkat SMK. Mereka merasa senang dan bersyukur bisa menjadi bagian dari peserta kemah literasi karena telah mendapatkan ilmu-ilmu baru terutama dalam bidang menulis.
Adapun tujuan kemah literasi ini adalah mewujudkan Kabupaten Ciamis yang literat. Literasi itu penting, mengingat respon abad 21 yaitu adanya persaingan bebas.
Umi Rossy Nurhayati S.Pd selaku ketua FTBM Ciamis menjelaskan “Pemahaman masyarakat terhadap literasi belum sepenuhnya merata sehingga sangat perlu untuk diadakan suatu gerakan yang dapat mengedukasi dan memberikan pemahaman mengenai literasi.”
Ia juga mengajak peserta Kemah Literasi ke-2 ini sebagai momen berharga. Dalam artian menjadikan laskar-laskar literasi Kabupaten Ciamis yang berkelanjutan, terus bersinergi dan berkesinambungan dalam setiap aksi-aksi.
Kegiatan ini dihadiri Bunda Literasi Kabupaten Ciamis Hj. Kania Ernawati, S.Sos, M.Si, Ketua FTBM Ciamis Umi Rossy Nurhayati S.Pd, dan PLT Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.
Kemah Literasi ke-2 ini juga menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Hj. Tini Nurmalasari. S.Sos, M.M, PLT Dinas Perpustakaan Kabupaten Ciamis, Kang Opik Ketua FTBM Jawa Barat, dan beberapa media seperti CNN Indonesia (Trans TV), Metro TV, SCTV, dan Kabar Priangan.
Selain itu, panitia juga mengundang salah-satu tokoh literasi Indonesia yang sudah mendunia ‘Gol A Gong’. Ia merupakan penulis sekaligus pembina FTBM Indonesia. Menulis sudah menjadi sahabat karibnya. Tidak sedikit hasil karyanya sudah dikenal orang banyak mencapai 126 buku. Dua diantaranya ‘Balada si Roy’ dan ‘Gaduh’.
Gol A Gong berpendapat bahwa menulis dan membaca merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Membaca berarti menumpuk harta dan menulis bermakna zakat. “Menulis itu bukan kerja melamun tapi kerja intelektual”. “Membaca itu sehat, menulis itu hebat”. (Silvi Indriyanti)

Write a Reply or Comment