Petunjuk Daftar Online SMPIT/SMAIT dan Tahfizh Takhosus

Bismillahirrahmanirrahim

Bagi Seluruh calon pendaftar SMPIT/SMAIT dan Takhosus Tahfizh yang masih bingung atau belum tahu tatacara pendaftarannya, kami sampaikan untuk pendaftaran bisa langsung datang ke Sekertariat Pendaftaran di lingkungan Perguruan Islam MD Fathahillah dan bisa juga melalui Online, berikut kami sampaikan tatacara pendaftaran Online :

SMPIT MD Fathahillah

  • Buka Alamat Web ini www.mdf.or.id
  • Pilih Menu Pendaftaran
  • Pilih Menu PPDB SMPIT
  • Kemudian Isi Formulir Pendaftaran dan
  • Kemudian Simpan Insa Allah Data Fendaftar Kami Terima

SMAIT MD Fathahillah

  • Buka Alamat Web ini www.mdf.or.id
  • Pilih Menu Pendaftaran
  • Pilih Menu PSB SMAIT
  • Kemudian Isi Formulir Pendaftaran dan
  • Kemudian Simpan Insa Allah Data Fendaftar Kami Terima

Takhosus Tahfizh

  • Buka Alamat Web ini www.mdf.or.id
  • Pilih Menu Pendaftaran
  • Pilih Menu PSB Pesantren Tahfizh
  • Kemudian Isi Formulir Pendaftaran dan
  • Kemudian Simpan Insa Allah Data Fendaftar Kami Terima

Buruan Daftar

Kuota Terbatas

Pendaftaran Gel I sampai akhir Maret 2020

Gel Ke 2 akan di buka apabila kuota masih tersedia

Info Pendaftaran Santri/Santriah Pesantren Tahfizh Qur’an MD Fathahillah Tahun Ajaran 2020/2021 (SMPIT-SMAIT-Takhosus Tahfizh)

Bismillahirrahmanirrahim, berikut kami Informasikan Jadwal Penerimaan Santri/Santriah Pondok Pesantren Tahfizh Qur’an MD Fathahillah.

Tahun Ajaran 2020/2021

Gelombang I

Waktu Pendaftaran                  : 01 Januari  s.d  3 April 2020

Pukul                                           : 08.00 s.d 15.00 WIB (Senin-Sabtu)

Tempat Pendaftaran                : Kampus SMP IT MD Fathahillah

(Jl.Pasangrahan Rt 05 Rw 08 Saguling

Baregbeg Ciamis)

Ujian Seleksi

Tanggal                                       : 4 April 2020

Pukul                                           :  08.00 s.d Selesai

Tempat                                        : Kampus SMP IT MD Fathahillah

Materi Tes                                   : Wawancara

                                                      Praktek Ibadah

                                                         Baca Al-Qur’an

                                                          Tes Tulis (Mapel UN)

Pengumuman Kelulusan : 5 April 2020

Daftar Ulang                       : 6 s.d 15 April 2020

Gelombang II

Waktu Pendaftaran                  : 6 April s.d  30 Juni 2020

Pukul                                            : 08.00 s.d 15.00 WIB (Senin-Sabtu)

Tempat Pendaftaran                   : Kampus SMP IT MD Fathahillah

(Jl.Pasangrahan Rt 05 Rw 08 Saguling

Baregbeg Ciamis)

Ujian Seleksi

Tanggal                                       : 1 Juli 2020

Pukul                                           :  08.00 s.d Selesai

Tempat                                        : Kampus SMP IT MD Fathahillah

Materi Tes                                   : Wawancara

                                                      Praktek Ibadah

                                                        Baca Al-Qur’an

                                                        Tes Tulis (MAPEL UN)

Pengumuman Kelulusan : 2 Juli  2020 

Daftar Ulang                                : 5 – 11 Juli 2020

Masuk Pesantren                          : 11 Juli 2020

KBM Sekolah                              : 13 Juli 2020

Para Peserta Didik SMPIT MD Fathahillah mengikuti Lomba Pentas PAI & Bahasa Inggris

Ciamis, 5 Maret 2020 Para Peserta Ddidik SMPIT MD Fathahillah -+ 12 Orang mengikuti Kegiatan Perlombaan Tingkat Komisariat, lomba yang diikuti adalah Pentas PAI dan Bahasa Inggris, alhamdulillah perlombaan berjalan lancar dan beberapa mata lomba yang didikuti alahmdulillah hasilnya baik seperti :

Tahfizh Juz 30 PA Juara 3

Tahfizh Juz 30 PI Juara 1

Olimpiade PAI Masuk 3 Besar

Bahasa Inggris Masuk 7 Bsar

mudah-mudahan tahun depan bisa lebih baik lagi. Amiin

Silaturrahim dan Pembentukan Pengurus Komite SMPIT MD Fathahillah

Baregbeg, 15 September 2019. SMPIT MD Fathahillah mengadakan acara Silaturrahim Orang tua dan Rapat Pembentukan Komite SMPIT MD Fathahillah, acara berlangsung dari jam 09.30 s.d jam 11.30 dengan susunan acara diawali dengan pembukaan lantunan kalam illahi, oleh Ust.Muhammad Azzam sidiq Al-Hafizh, di lanjut Sambutan Kepala SMPIT MD Fathahillah (Komarudin,S.E), dilanjut Sambutan Pimpinan Pesantren Tahfizh MDF (Aep Saepudin,S.Pd.,Al-Hafizh), dilanjut Sambutan a.n Yayasan MD Fathahillah (H.Budhi Pribadi), di lanjut Sosialisasi Pendidikan berbasis keluarga serta gambaran umum tugas pengurus Komite Sekolah (Dra.Ena Herliah,M.M/Pengawas Pembina SMP Kab.Ciamis) dan dilanjut dengan pemilihan Ketua dan pengurus Komite SMPIT MD Fathahillah.
Alhamdulillah acara berjalan lancar dan hasil musyawarah bersama, yang terpilih menjadi Ketua Komite SMPIT MD Fathahillah Bapak H.Budhi Pribadi dan yang menjadi pengurus komite lainnya sebagian dari Orang Tua, Masyarakat, Tokoh, Yayasan MDF dan SMPIT MD Fathahillah. pertemuan ini tidak hanya fokus membentuk komite sekolah namun silaturrahim Orang Tua dengan Yayasan Pesantren dan Sekolah.  yayasan MDF pula menyampaikan dan meminta do’anya untuk rencana pembangunan asrama dan ruang belajar, dan juga Ibu Dra.Ena Herliah,M.M selaku Pengawas Pembina SMP Kab.Ciamis menyampaikan tentang pentingnya keikutsertaan Orang tua dalam mendidik anak, sehingga tidak menyerahkan sepenuhnya ke pihak sekolah dan pesantren, namun harus adanya komunikasi antara wali kelas atau pembimbing dengan Orang Tua Wali Santri/Peserta Didik, sehingga bisa memantua perkembangan anak.

Asyiknya Kemah Literasi

Ahad, 15/09/2019
Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Ciamis menggelar kegiatan Kemah Literasi untuk kedua kalinya. Kegiatan berlangsung selama 2 hari bertempat di SMK Bumi Nurani Camp (BNC) Kecamatan Cijeungjing Ciamis.
Acara ini diikuti 70 peserta yang mewakili SMP dan SMA/SMK serta Taman Bacaan Masyarakat se Kabupaten Ciamis.
Siswi SMK MD Fathahillah (Silvi Indriyanti Kelas : XII Perbankan Syari’ah, Mega Putri Sundari Kelas : XII Perbankan Syari’ah, Rula Rihadatul Hidayat) adalah salah satu peserta dari kemah literasi yang sekaligus menjadi perwakilan peserta terbanyak tingkat SMK. Mereka merasa senang dan bersyukur bisa menjadi bagian dari peserta kemah literasi karena telah mendapatkan ilmu-ilmu baru terutama dalam bidang menulis.
Adapun tujuan kemah literasi ini adalah mewujudkan Kabupaten Ciamis yang literat. Literasi itu penting, mengingat respon abad 21 yaitu adanya persaingan bebas.
Umi Rossy Nurhayati S.Pd selaku ketua FTBM Ciamis menjelaskan “Pemahaman masyarakat terhadap literasi belum sepenuhnya merata sehingga sangat perlu untuk diadakan suatu gerakan yang dapat mengedukasi dan memberikan pemahaman mengenai literasi.”
Ia juga mengajak peserta Kemah Literasi ke-2 ini sebagai momen berharga. Dalam artian menjadikan laskar-laskar literasi Kabupaten Ciamis yang berkelanjutan, terus bersinergi dan berkesinambungan dalam setiap aksi-aksi.
Kegiatan ini dihadiri Bunda Literasi Kabupaten Ciamis Hj. Kania Ernawati, S.Sos, M.Si, Ketua FTBM Ciamis Umi Rossy Nurhayati S.Pd, dan PLT Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.
Kemah Literasi ke-2 ini juga menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Hj. Tini Nurmalasari. S.Sos, M.M, PLT Dinas Perpustakaan Kabupaten Ciamis, Kang Opik Ketua FTBM Jawa Barat, dan beberapa media seperti CNN Indonesia (Trans TV), Metro TV, SCTV, dan Kabar Priangan.
Selain itu, panitia juga mengundang salah-satu tokoh literasi Indonesia yang sudah mendunia ‘Gol A Gong’. Ia merupakan penulis sekaligus pembina FTBM Indonesia. Menulis sudah menjadi sahabat karibnya. Tidak sedikit hasil karyanya sudah dikenal orang banyak mencapai 126 buku. Dua diantaranya ‘Balada si Roy’ dan ‘Gaduh’.
Gol A Gong berpendapat bahwa menulis dan membaca merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Membaca berarti menumpuk harta dan menulis bermakna zakat. “Menulis itu bukan kerja melamun tapi kerja intelektual”. “Membaca itu sehat, menulis itu hebat”. (Silvi Indriyanti)

KEGIATAN SEBELUM PEMBELAJARAN

Salah Satu kebiasaan para peserta didik di Yayasan Pendidikan Islam MD fathahillah, sebelum memulai kegiatan pembelajaran biasa di awali dengan melantunkan Asmaul Husna, Shalat Duha dan Berdo’a Bersama, kegiatan ini berlangsung setiap hari sebelum memulai pembeajaran di kelas.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk pembiasaan para peserta didik, juga menumbuhkan rasa disiplin dan kebersamaan, karena kegiatan ini di laksankan bersama-sama, serta yang memimpin Asmaul Husna dan Do’a Shalat Duha dari para Peserta didik, supaya  ada pembelajaran untu para peserta Didik. 

Kegiatan ini biasa berlangsung mulai 06.40 s.d 07.00 dan di bimbing oleh Bapak dan Ibu Guru, semoga kebiasaan baik ini terus istiqomah dan membentuk para peserta didik yang istiqomah, disiplin dan berkebiasaan baik.

Peringatan Hari Pramuka ke 58

MD Fathahillah, 14 Agustus 2019 M, Yayasan Perguruan Islam MD Fathahillah mengikuti Kegiatan Upacara Peringatan Hari Pramuka dalam rangka menyambut Ulang Tahun yang ke 58, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan:

  1. Untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya pendidikan Pramuka bagi kehidupan dan kemajuan  Nusa, Bangsa dan Agama.
  2. Sebagai upaya untuk memupuk dan menanamkan rasa persatuan dan kesatuan, rasa kebangsaan, mewariskan nilai-nilai kepramukaan kepada generasi berikutnya serta meningkatkan sumber daya manusia.
  3. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan pramuka bagi peserta didik (Siswa/Mahasiswa) serta masyarakat.
  4. Untuk mendukung pendidikan Nasional terutama dalam membentuk manusia yang berkepribadian dan berakhlakul karimah, yang sehat jasmani dan rohaninya, serta menjadi warga negara Republik Indonesia, yang berjiwa Pancasila, setia, dan patuh kepada Alloh SWT  serta menjadi anggota masyarakat yang baik, benar dan berguna, yang dapat membangun dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara

kegiatan ini berlangsung mulai sekitar jam 08.00 s.d Selesai WIB, yang bertempat di Lapangan Gajah Barong Kecamatan Baregbeg . 

Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan juga  meriah dengan tema Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI. Kegiatan ini dihadiri oleh para peserta didik SMPIT, SMK dan para Guru, baik dari Yayasan Perguruan Islam MD Fathahillah maupun dari daerah Kecamatan Baregbeg, para peserta antusias dan mengikuti kegiatan ini sampai selesai.

Perayaan Hari Besar Islam 1441 H

MD Fathahillah, 4 Muharram 1441 H / 4 September 2019 M, Yayasan Perguruan Islam MD Fathahillah mengadakan Kegiatan PHBI dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1441 H, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengingat kembali perjuang Baginda Rasulullah Saw dalam memperjuangkan dan mendakwahkan Agama Islam.

kegiatan ini berlangsung mulai jam 13.00 s.d 14.30 WIB, yang bertempat di Aula Yayasan Perguruan Islam MD Fathahillah. Agenda acara kegiatan sebagai berikut :

  1. Penampilan kreasi seni para peserta didik (kelas 10, 11 & 12)
  2. Lantunan Kalam Illahi (Rahma Aulia Aziz & Cayla Zahra Kusuma)
  3. Sambutan Yayasan MD fathahillah (H.Budi Pribadi)
  4. Penceramah ( H.Ahmad Rida Syahida, Lc.M.A)

Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan juga  meriah dengan penampilan kreasi seni para peserta didik, juga penyampaian materi ceramah yang dikemas semenarik mungkin dengan tema ceramah menyiapkan generasi Qurani yang berakhlaq Rabbani. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 150 orang baik dari para peserta didik SMPIT, SMK, Takhosus dan para Guru serta pengurus MD Fathahillah, Alhamdulillah para peserta antusias dan mengikuti kegiatan ini sampai selesai.

ATM Beras MDF

Alhamdulillah pembagian beras di ATMB sore ini (sabtu 6 Juli 2019) berjalan dengan lancar…Para mustahiq/dhuafa penerima beras berdatangan dan sebagian besar berjamaah shalat ashar terlebih dahulu di Masjid Al Fath..

Kami haturkan terima kasih Jazakumullahu khairan katsira kepada semua donatur…Semoga Allah swt membalas kebaikan donatur semua, Aamiin…

Bersama ini kami sampaikan laporan keuangan dan pembagian ATM Beras MDF

Uang dari donatur yang ada di rekening ATMB Rp. 18.700.000

Pengeluaran

  1. Plakat ATMB Rp. 600.000
  2. Isi beras ATMB 240 liter tgl 22 Juni 2019 Rp. 1.900.000
  3. Materai pembukaan rekening ATMB Rp. 21.000
  4. Kantong plastik Rp. 44.000
  5. Kartu kuta internet koneksi ATMB 35.000

Pembagian beras

a. Tanggal 22 Juni untuk 60 orang =120 liter

b. Tanggal 29 Juni untuk 60 orang = 120 liter

Isiulang beras tanggal 6 Juli 2019 240 liter Rp. 1.900.000

Pembagian beras

a. Tanggal 6 Juli 2019 untuk 60 orang = 120 liter

b. Tanggal 13 Juli 2019 untuk 60 orang = 120 liter

Saldo Uang di Rekening ATMB Rp. 14.200.000

Untuk 1.680 liter, sampai tanggal 19 oktober 2019

Keterangan:

  1. Dhuafa yang menerima pembagian beras sebanyak 60 orang
  2. Setiap dhuafa mendapatkan 2 liter bers/pekan (8 liter/bulan)
  3. Pengambilan beras dilakukan setiap hari sabtu sore jam 15.30 sd 18.00 dan diupayakan shalat berjamaah terlebih dahulu di Masjid Al Fath

Penanggungjawab ATMB MDF

Aep Saepudin, S.Pd

Teti Mulyati, S.Ag