ATM Beras MDF

Alhamdulillah pembagian beras di ATMB sore ini (sabtu 6 Juli 2019) berjalan dengan lancar…Para mustahiq/dhuafa penerima beras berdatangan dan sebagian besar berjamaah shalat ashar terlebih dahulu di Masjid Al Fath..

Kami haturkan terima kasih Jazakumullahu khairan katsira kepada semua donatur…Semoga Allah swt membalas kebaikan donatur semua, Aamiin…

Bersama ini kami sampaikan laporan keuangan dan pembagian ATM Beras MDF

Uang dari donatur yang ada di rekening ATMB Rp. 18.700.000

Pengeluaran

  1. Plakat ATMB Rp. 600.000
  2. Isi beras ATMB 240 liter tgl 22 Juni 2019 Rp. 1.900.000
  3. Materai pembukaan rekening ATMB Rp. 21.000
  4. Kantong plastik Rp. 44.000
  5. Kartu kuta internet koneksi ATMB 35.000

Pembagian beras

a. Tanggal 22 Juni untuk 60 orang =120 liter

b. Tanggal 29 Juni untuk 60 orang = 120 liter

Isiulang beras tanggal 6 Juli 2019 240 liter Rp. 1.900.000

Pembagian beras

a. Tanggal 6 Juli 2019 untuk 60 orang = 120 liter

b. Tanggal 13 Juli 2019 untuk 60 orang = 120 liter

Saldo Uang di Rekening ATMB Rp. 14.200.000

Untuk 1.680 liter, sampai tanggal 19 oktober 2019

Keterangan:

  1. Dhuafa yang menerima pembagian beras sebanyak 60 orang
  2. Setiap dhuafa mendapatkan 2 liter bers/pekan (8 liter/bulan)
  3. Pengambilan beras dilakukan setiap hari sabtu sore jam 15.30 sd 18.00 dan diupayakan shalat berjamaah terlebih dahulu di Masjid Al Fath

Penanggungjawab ATMB MDF

Aep Saepudin, S.Pd

Teti Mulyati, S.Ag

Orasi penyampaian visi-misi calon ketua osis SMK MD Fhatahillah periode 2019/2020

MD Fathahillah, 1 Shafar 1441H/30 September 2019 M, SMK MD Fathahillah mengadakan Kegiatan Orasi penyampaian visi-misi calon ketua osis SMK MD Fhatahillah periode 2019/2020 dalam rangka Pemilihan OSIS Baru, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk Latihan menjadi Pemimpin yang dapat Memimpin (Sidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah) sebagai mana yang telah dicontohkan dan diajarkan Baginda Nabi Rasulullah Muhammad SAW dalam menjalankan Amanah (salah satunya sebagai Khalifah didunia, menyempurnakan Akhlaqul Kharimah) dan menyebarkan Agama Islam. Dengan kandidat calon ketua osis yang terdiri dari 4 orang siswa -siswi kelas XI PBS dan telah mengikuti beberapa tahap tes antara lain tes tulis dan tes wawancara. Keempat calon ketua osis SMK MD Fhatahillah periode 2019/2020 adalah sebagai berikut :

  1. Fitri Afipatul khoeriah (Kelas XI Perbankan Syari’ah)
  2. Yuda Maolana (Kelas XI Perbankan Syari’ah)
  3. Fitri Fitriani (Kelas XI Perbankan Syari’ah)
  4. Darma Wijaya. (Kelas XI Perbankan Syari’ah)

Pemilihan Ketua OSIS periode 2019/2020 SMK MD Fhatahillah akan dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh para peserta didik SMK dan para Guru serta pengurus MD Fathahillah, Alhamdulillah kegiatan ini berlangsung dengan baik.

Semoga nanti yang terpilih Sebagai Pemimpin atau Ketua OSIS dan Pengurus OSIS bisa Memimpin (Sidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah) baik saat ini maupun nanti pada masanya tiba, sesuai dengan Perintah, Ketentuan dan Ketetapan ALLAH SWT dan sesuai dengan yang dicontohkan dan diajarkan oleh Baginda Nabi Rasulullah Muhammad SAW, semoga menjadi pemimpin yang dapat membahagiakan Ummat/Rakyatnya, Agama, Nusa, Bangsa dan Negara di dunia dan AKHIRAT.

Silaturrahim dan Pembentukan Pengurus Komite SMPIT MD Fathahillah

Baregbeg, 15 September 2019. SMPIT MD Fathahillah mengadakan acara Silaturrahim Orang tua dan Rapat Pembentukan Komite SMPIT MD Fathahillah, acara berlangsung dari jam 09.30 s.d jam 11.30 dengan susunan acara diawali dengan pembukaan lantunan kalam illahi, oleh Ust.Muhammad Azzam sidiq Al-Hafizh, di lanjut Sambutan Kepala SMPIT MD Fathahillah (Komarudin,S.E), dilanjut Sambutan Pimpinan Pesantren Tahfizh MDF (Aep Saepudin,S.Pd.,Al-Hafizh), dilanjut Sambutan a.n Yayasan MD Fathahillah (H.Budhi Pribadi), di lanjut Sosialisasi Pendidikan berbasis keluarga serta gambaran umum tugas pengurus Komite Sekolah (Dra.Ena Herliah,M.M/Pengawas Pembina SMP Kab.Ciamis) dan dilanjut dengan pemilihan Ketua dan pengurus Komite SMPIT MD Fathahillah.
Alhamdulillah acara berjalan lancar dan hasil musyawarah bersama, yang terpilih menjadi Ketua Komite SMPIT MD Fathahillah Bapak H.Budhi Pribadi dan yang menjadi pengurus komite lainnya sebagian dari Orang Tua, Masyarakat, Tokoh, Yayasan MDF dan SMPIT MD Fathahillah. pertemuan ini tidak hanya fokus membentuk komite sekolah namun silaturrahim Orang Tua dengan Yayasan Pesantren dan Sekolah.  yayasan MDF pula menyampaikan dan meminta do’anya untuk rencana pembangunan asrama dan ruang belajar, dan juga Ibu Dra.Ena Herliah,M.M selaku Pengawas Pembina SMP Kab.Ciamis menyampaikan tentang pentingnya keikutsertaan Orang tua dalam mendidik anak, sehingga tidak menyerahkan sepenuhnya ke pihak sekolah dan pesantren, namun harus adanya komunikasi antara wali kelas atau pembimbing dengan Orang Tua Wali Santri/Peserta Didik, sehingga bisa memantua perkembangan anak.

Asyiknya Kemah Literasi

Ahad, 15/09/2019
Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Ciamis menggelar kegiatan Kemah Literasi untuk kedua kalinya. Kegiatan berlangsung selama 2 hari bertempat di SMK Bumi Nurani Camp (BNC) Kecamatan Cijeungjing Ciamis.
Acara ini diikuti 70 peserta yang mewakili SMP dan SMA/SMK serta Taman Bacaan Masyarakat se Kabupaten Ciamis.
Siswi SMK MD Fathahillah (Silvi Indriyanti Kelas : XII Perbankan Syari’ah, Mega Putri Sundari Kelas : XII Perbankan Syari’ah, Rula Rihadatul Hidayat) adalah salah satu peserta dari kemah literasi yang sekaligus menjadi perwakilan peserta terbanyak tingkat SMK. Mereka merasa senang dan bersyukur bisa menjadi bagian dari peserta kemah literasi karena telah mendapatkan ilmu-ilmu baru terutama dalam bidang menulis.
Adapun tujuan kemah literasi ini adalah mewujudkan Kabupaten Ciamis yang literat. Literasi itu penting, mengingat respon abad 21 yaitu adanya persaingan bebas.
Umi Rossy Nurhayati S.Pd selaku ketua FTBM Ciamis menjelaskan “Pemahaman masyarakat terhadap literasi belum sepenuhnya merata sehingga sangat perlu untuk diadakan suatu gerakan yang dapat mengedukasi dan memberikan pemahaman mengenai literasi.”
Ia juga mengajak peserta Kemah Literasi ke-2 ini sebagai momen berharga. Dalam artian menjadikan laskar-laskar literasi Kabupaten Ciamis yang berkelanjutan, terus bersinergi dan berkesinambungan dalam setiap aksi-aksi.
Kegiatan ini dihadiri Bunda Literasi Kabupaten Ciamis Hj. Kania Ernawati, S.Sos, M.Si, Ketua FTBM Ciamis Umi Rossy Nurhayati S.Pd, dan PLT Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.
Kemah Literasi ke-2 ini juga menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Hj. Tini Nurmalasari. S.Sos, M.M, PLT Dinas Perpustakaan Kabupaten Ciamis, Kang Opik Ketua FTBM Jawa Barat, dan beberapa media seperti CNN Indonesia (Trans TV), Metro TV, SCTV, dan Kabar Priangan.
Selain itu, panitia juga mengundang salah-satu tokoh literasi Indonesia yang sudah mendunia ‘Gol A Gong’. Ia merupakan penulis sekaligus pembina FTBM Indonesia. Menulis sudah menjadi sahabat karibnya. Tidak sedikit hasil karyanya sudah dikenal orang banyak mencapai 126 buku. Dua diantaranya ‘Balada si Roy’ dan ‘Gaduh’.
Gol A Gong berpendapat bahwa menulis dan membaca merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Membaca berarti menumpuk harta dan menulis bermakna zakat. “Menulis itu bukan kerja melamun tapi kerja intelektual”. “Membaca itu sehat, menulis itu hebat”. (Silvi Indriyanti)

KEGIATAN SEBELUM PEMBELAJARAN

Salah Satu kebiasaan para peserta didik di Yayasan Pendidikan Islam MD fathahillah, sebelum memulai kegiatan pembelajaran biasa di awali dengan melantunkan Asmaul Husna, Shalat Duha dan Berdo’a Bersama, kegiatan ini berlangsung setiap hari sebelum memulai pembeajaran di kelas.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk pembiasaan para peserta didik, juga menumbuhkan rasa disiplin dan kebersamaan, karena kegiatan ini di laksankan bersama-sama, serta yang memimpin Asmaul Husna dan Do’a Shalat Duha dari para Peserta didik, supaya  ada pembelajaran untu para peserta Didik. 

Kegiatan ini biasa berlangsung mulai 06.40 s.d 07.00 dan di bimbing oleh Bapak dan Ibu Guru, semoga kebiasaan baik ini terus istiqomah dan membentuk para peserta didik yang istiqomah, disiplin dan berkebiasaan baik.

Peringatan Hari Pramuka ke 58

MD Fathahillah, 14 Agustus 2019 M, Yayasan Perguruan Islam MD Fathahillah mengikuti Kegiatan Upacara Peringatan Hari Pramuka dalam rangka menyambut Ulang Tahun yang ke 58, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan:

  1. Untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya pendidikan Pramuka bagi kehidupan dan kemajuan  Nusa, Bangsa dan Agama.
  2. Sebagai upaya untuk memupuk dan menanamkan rasa persatuan dan kesatuan, rasa kebangsaan, mewariskan nilai-nilai kepramukaan kepada generasi berikutnya serta meningkatkan sumber daya manusia.
  3. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan pramuka bagi peserta didik (Siswa/Mahasiswa) serta masyarakat.
  4. Untuk mendukung pendidikan Nasional terutama dalam membentuk manusia yang berkepribadian dan berakhlakul karimah, yang sehat jasmani dan rohaninya, serta menjadi warga negara Republik Indonesia, yang berjiwa Pancasila, setia, dan patuh kepada Alloh SWT  serta menjadi anggota masyarakat yang baik, benar dan berguna, yang dapat membangun dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara

kegiatan ini berlangsung mulai sekitar jam 08.00 s.d Selesai WIB, yang bertempat di Lapangan Gajah Barong Kecamatan Baregbeg . 

Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan juga  meriah dengan tema Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI. Kegiatan ini dihadiri oleh para peserta didik SMPIT, SMK dan para Guru, baik dari Yayasan Perguruan Islam MD Fathahillah maupun dari daerah Kecamatan Baregbeg, para peserta antusias dan mengikuti kegiatan ini sampai selesai.

Perayaan Hari Besar Islam 1441 H

MD Fathahillah, 4 Muharram 1441 H / 4 September 2019 M, Yayasan Perguruan Islam MD Fathahillah mengadakan Kegiatan PHBI dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1441 H, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengingat kembali perjuang Baginda Rasulullah Saw dalam memperjuangkan dan mendakwahkan Agama Islam.

kegiatan ini berlangsung mulai jam 13.00 s.d 14.30 WIB, yang bertempat di Aula Yayasan Perguruan Islam MD Fathahillah. Agenda acara kegiatan sebagai berikut :

  1. Penampilan kreasi seni para peserta didik (kelas 10, 11 & 12)
  2. Lantunan Kalam Illahi (Rahma Aulia Aziz & Cayla Zahra Kusuma)
  3. Sambutan Yayasan MD fathahillah (H.Budi Pribadi)
  4. Penceramah ( H.Ahmad Rida Syahida, Lc.M.A)

Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan juga  meriah dengan penampilan kreasi seni para peserta didik, juga penyampaian materi ceramah yang dikemas semenarik mungkin dengan tema ceramah menyiapkan generasi Qurani yang berakhlaq Rabbani. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 150 orang baik dari para peserta didik SMPIT, SMK, Takhosus dan para Guru serta pengurus MD Fathahillah, Alhamdulillah para peserta antusias dan mengikuti kegiatan ini sampai selesai.

Terima Kasih, Para Donatur MDF

Alhamdulillah, proses pendidikan di Perguruan Islam MD Fathahillah khususnya pendidikan Tahfizh Al Quran dapat berlangsung dengan baik dan lancar, sehingga menghasilkan para Huffazhul Quran (penghafal Al Quran) dari berbagai daerah di Indonesia. Ini semua berkat bantuan dan kebaikan para donatur, dermawan yang peduli terhadap perkembangan pendidikan generasi Qurani. Izinkan kami menghaturkan banyak terima kasih dengan iringan do’a Jazakumullahu Khairan Katsira, Semoga Allah SWT membalas kebaikan zakat, infaq, sedekah Bapak/Ibu/Saudara/Saudari semua, Aamiin..

Bersama ini kami sampaikan Para Donatur, Dermawan Perguruan Islam MD Fathahillah :

NoNama
1Dr. Akbari Wahyudi Kusumah
2Ibu Dewi Anggraeni Wahyu
3Dr. Sunu Budhi Rahardjo, PhD
4DR. Isman Firdaus
5Orang Tua Caryn
6Dr. Noel Oepangat
7Hamba Allah
8Dr. M Munawar
9H. M Mansyur
10Dr. Farida
11Dr. Betriza
12Drs Sunjaya
13Dr. Agus Haryoso
14Prof dr Dasnan Ismail
15Dr. Manoefries Kasim
16Dr. Shodiqur Rifki
17Dr. Asril Bahar
18Dr. M Muzakir
19Anwar Ismail, S.Sos
20Prof. dr. Jang Jusi
21Dr. Edial Sanif
22Ibu Lilis Asep Gunawan
23Dr.Undang Iskandar
24Dr. Ismi P
25Ibu Elly Ranakusumah
26Ibu Chally Hakim
27Dr. H M Syukri
28Ibu Ali Sulaeman
29Ny. Drs Amir Hamzah
30Dr.Raja Adil S
31Dr. Rossana Barack
32Dr. Anna Ulfah Rahayu
33Ibu Nina Akbar Tanjung
34Dr. Dewi Tungka
35NN
36Dr. Poppy Roebiono
37Ny. Dr. Iche Muthalib
38Dr. dr. Dicky Fahri
39Dr. H. Suhendi
40Ir. Heddy Aggah
41Dr. dr. Basuni
42Hamba Allah
43H. Von Brintano Rasyid
44Dr. dr. Triwisesa Sutisna
45Ibu Yanti Dwiarti Mansur
46Anwar

Bersama ini pula kami haturkan terima kasih, kepada para donatur logistik untuk para santri penghafal Quran yang rutin diberikan, diantaranya :

  1. H. Karli Akbar Karim (Simpoer Mas) yang rutin memberikan ikan untuk para santri
  2. Bpk. Edi (Perusahaan Tahu, Saguling)
  3. Perusahaan isi ulang air Dwi Aini Saguling
  4. Para donatur beras yang rutin tiap bulan
  5. BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Provinsi Jawa Barat
  6. Kemenrian Agama, yang memberikan beasiswa kepada para santri penghafal Al Quran
  7. Dan juga kepada siapapun yang ikut berkontribusi terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan generasi Qurani di Perguruan Islam MD Fathahillah. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan, kesehatan, kemudahan, dan membalas kebaikan para donatur semua. Jazakumullahu khairan katsira, Aamiin…

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Kunjungi Perguruan Islam MDF

Ciamis, 23 Desember 2018. Disela sela kesibukan memimpin pendidikan di Kota Bandung, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Dr. Elih Sudiapermana, M.Pd mengunjungi Perguruan Islam MDF. Alhamdulillah selain melihat lingkungan dan sarana prasarana pendidikan, Kepala Dinas juga berbagi inspirasi dan pengalaman kepada para guru dan ustadz. Kami senang dan bersyukur kepada Allah SWT, alhamdulillah lembaga kami dapat dikunjungi Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung ujar Dr (C) Andang Heryahya selaku Koordinator Pendidikan Perguruan Islam MDF.

Dalam kata sambutannya Andang menyampaikan visi misi dan tujuan Perguruan Islam MDF yaitu menjadi lembaga pendidikan pilihan bagi calon penghapal Al Quran berkarakter sidiq, amanah, fathanah dan tabligh yang akan didik menjadi akademisi, da’i, entrepreuner muslim dan profesional di lembaga pendidikan, keuangan syariah dan entitas bisnis syariah lainnya. Lulusan MDF Insya Allah dapat dipastikan memiliki kompetensi akademik dan menguasai ilmu syariah.

Dalam pertemuan silaturahim ini, hadir Prof Dr. dr. Dede Kusmana selaku Ketua Dewan Pembina, Hj Lies Kusmana selaku Ketua Yayasan, pimpinan sekolah SMP IT dan SMK MDF, Pesantren Tahfizh Quran MDF, Ketua Majelis Taklim, Direktur BMT Berkah, serta para guru dan ustadz.

Pendidikan akan maju jika dikelola secara profesional, memiliki visi misi dan tujuan yang jelas dan tentunya dipahami oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan serta semua komponen yang terlibat. Disamping itu, kompetensi guru mencakup kemandirian dan keberanian dalam memfasilitasi pembelajaran.Tujuan pendidikan akan tercapai jika dimulai dari hati dan keteladanan, ujar Elih.

Kesungguhan dan niat yayasan sudah tampak dari konsep pendidikan dan sarana prasarana yang dibangun. Insya Allah lembaga ini akan menjadi kebanggaan kita orang Ciamis dan tentunya warga Jawa Barat, begitu yang disampaikan Dr. Elih saat membuka sesi berbagi inspirasi bersama para guru.

Elih yang juga kepercayaan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam memimpin pendidikan di Kota Bandung ini, menyampaikan keyakinan bahwa Al Quran adalah sebagai sumber kebenaran, silahkan integrasikan dengan mata pelajaran yang ada di SMP juga di SMK MDF dengan pendekatan tematik. Elih terlihat kagum dengan konsep pendidikan Perguruan Islam MDF yang tidak hanya mengintegrasikan Al Quran ke dalam mata pelajaran namun juga para siswa siswinya di didik untuk menghapalkan Al Quran.

Terakhir Dr. Elih memberikan pesan, agar pesantren ini hadir di masyarakat, bergerak bersama masyarakat sebagai bagian dari kesatuan peran mulia aktivis pendidikan, hadir di masyarakat dengan keteladanan. (Humas PI MDF)

MDF Annual Competition #2019

Di Ciamis ada satu Perguruan Islam yang siap mencetak generasi mellenial Qur’ani. Perguruan Islam MD Fathahillah di Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis yang berdiri pada tahun 2011.

“Didirikannya perguruan ini tujuannya menyiapkan genertasi muda menjadi penghapal quran. Semua berpedoman terhadap Al Quran. Selain itu juga kami menyiapkan generasi yang memiliki jiwa enterpreneur melalui sekolah kejuruan perbankan,” ujar Ketua Dewan Pembina Yayasan MD Fathahillah Prof. Dr. dr. H. Dede Kusmana, kemarin.

Di Perguruan ini juga didirikan SMP Islam Terpadu (IT) yang berbasis Tahfiz Quran. Dede menerangkan di perguruannya juga menekankan kebersihan lingkungan, bahkan baik guru maupun pengurus Yayasan tidak ada yang diperbolehkan merokok di lingkungan tersebut.

“Harapannya dengan menciptakan generasi penghapal Al Quran bisa menyebar suatu saat nanti, khususnya untuk saguling sehingga bisa menciptakan lingkungan yang benar-benar islam, cinta damai, selain memiliki ilmu pengetahunan juga baca Al Quran,” ucapnya.

Upaya yang dilakukan Perguruan Islam MD Fathahillah untuk menarik minat masyarakat dengan menggelar kompetisi. Yakni MDF Annual Competition 2019. Yang diikuti oleh 330 peserta dari 39 lembaga sekolah SD dan MI ada DTA, SMP dan MTS se ciamis dan Tasikmalaya.

Lomba yang dilombakan yakni Tahfizh Al Quran juz 30. Lomba cerdasa cermat (LCC). Pidato bahasa Indonesia dan futsal. Sebagai salah satu sosialisasi perguruan tersebut dan ada siswa yang tertarik untuk bergabung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Dr. H. Wawan Ahmad Sofwan Arifien, MM yang membuka kegiatan kompetisi mengajak kepada masyarakat untuk mendukung perguruan islam MD Fathaillah tersebut. Pihaknya juga sangat mendukung program sebagai salah satu bentuk penguatan karakter anak.

Karena selain anak harus pintar juga harus memiliki karakter. Seperti karakter generasi qur’ani. Hal itu perlu diberikan.

“Ini harus disikapi bersama. Mendorong semuanya untuk smp bisa melanjutkan sambil belajar mengaji. Sebuah camp bagus melahirkan generasi qurani di ciamis,” pungkasnya. (KAPOL_Yogi T Nugraha)